Terjemah Tahafut Al-Falasifah

Kitab Tahafut Al-Falasifah (Kerancuan Para Filosof) merupakan kitab filsafat Islam pertama yang ditulis Imam Ghazali, sekaligus menjadi kitab klasik paling kontroversial sepanjang zaman.

Kitab ini berisi kritikan Imam Ghazali kepada para filosof Islam sebelumnya, khususnya Ibnu Sina dan Al-Farabi yang menurut beliau terlalu mengekor kepada para filosof Yunani seperti Plato, Aristoteles, Phytagoras, Galen, Plotinus dan lainnya.

Para filosof Yunani sendiri dikenal terlalu mendewakan akal, sehingga berimbas pada berlebihannya mereka memikirkan Dzat Pencipta, bukan ciptaan-Nya sebagaimana yang diperintahkan dalam Islam. Menurut Imam Ghazali, pemikiran semacam ini sangat berbahaya jika dikonsumsi kalangan awam.

Ada 20 masalah filsafat yang dikritik Imam Ghazali dalam kitab ini. Tiga diantaranya yang paling menonjol dan paling keras dibantah Imam Ghazali adalah tentang kontroversi kekekalan alam, tentang ketidaktahuan Tuhan pada sesuatu yang partikular, dan tidak adanya kebangkitan manusia setelah kematian. Imam Ghazali berpendapat bahwa pemikiran ini sangat jauh melenceng dari garis agama.


Judul Asli : Tahafut Al-Falasifah
Penulis : Imam Ghazali
Dimensi : Softcover 16 x 24 cm
Kertas: PBP 310 halaman
Berat : 500 gram
Harga : Rp. 85.000,-
Diskon : 20%
Netto : Rp. 68.000,-